Rabu, 30 Maret 2011

Konsep Sehat ( Psikoanalitik & Behavioristik)

    PSIKOANALITIK 
    Aliran ini dikenal dengan tokoh yang mempeloporinya yaitu Sigmund Freud dengan pandangan bahwa manusia adalah makhluk evolusi yang terjadi secara kebetulan dan merupakan makhluk biologis. Psikoanalisis merupakan suatu sistem dinamis dari psikologi yang mencari akar tingkah laku manusia didalam dorongan dan konflik yang tidak disadari. Freud memandang tingkah laku manusia terjadi karena terdapatnya interaksi antara tiga ala dalam personaliti yaitu id, ego dan super ego. Id bekerja menurut prinsip kelezatan, dan tidak dapat mengambil pertimbangan-pertimbangan sosial dan tidak bersifat realistis, tetapi ia sanggup membentuk khayalan-khayalan untuk pemuasannya, meskipun dalam arti sesungguhnya. Ego muncul untuk memuaskan id, ego bekerja diatas prinsip realitas dan menggunakan potensi intelektual. Sedangkan superego bekerja diatas prinsip nilai-nilai akhlak dan berkenaan dengan yang betul dan yang salah. Oleh karena itu, super ego sering juga disebut dengan hati nurani.
    Penganut aliran psikoanalitik lainnya yakni Erick Fromm. Ia pesimis bahwa manusia akan mencapai kesehatan mental dalam arti yang sebenarnya. Menurutnya manusia hanya sanggup mendapatkan kesehatan mental sebagiannya saja. Sebab ia dengan kondisi yang saling bertarung tidak akan mungkin mencapai kebahagiaan dan kemajuan sekaligus. Aliran psikoanalitik mendapat kritik dari berbagai pakar psikologi karena aliran ini dipandang sangat menyederhanakan energi dasar dalam diri manusia pada insting.


    BEHAVIORISTIK
    Aliran ini dipelopori oleh Thorndike dan John B. Watson. Aliran inimenitik-beratkan kepada tingkah laku manusia. Mereka memandang manusia diibaratkan mesin. Tingkah lakunya merupakan respon dari setiap stimulus. Aliran ini berpendapat bahwa kesehatan mental adalah kesanggupan seseorang untuk memperoleh kebiasaan yang sesuai dan dinamik yang dapat menolongnya berintegrasi dengan lingkungan dan menghadapi suasana-suasana yang memerlukan pengambilan keputusan. Dengan kata lain, orang yang sehat mentalnya adalah orang yang mampu ber-adjusment secara baik dengan lingkungan dimana ia berada.

Source : http://www.scribd.com/doc/47296733/makalah-psikologi-agama-tentang-kesehatan-mental

Tidak ada komentar:

Posting Komentar